Berhubungan dengan hobi yang satu ini, sangat mengasikkan untuk saya , walaupun masi amatir, saya mencoba untuk kasih tau beberapa tips sederhana dalam melukis menggunakan cat minyak.

- Persiapkan semua peralatannya dengan lengkap. Ketika menggunakan pallete, cat minyak harus diatur sedemikian rupa agar mudah ketika mengaplikasikan warna ataupun mengemix warna ketika melukis.

- Ada baiknya kalau membuat draft lukisan menggunakan pensil lukis.

- Dalam penggunaan pengencer cat minyak (refined linseed oil),  proporsi pemakaiannya selalu ditingkatkan di setiap lapisan lukisan, karena pada lapisan bawah  lukisan (lapisan pertama) pasti  menyerap minyak lapisan diatasnya, sehingga lapisan paling atas akan menjadi cepat kering dibanding dengan lapisan di bawahnya. Jika minyak pengencer tidak ditingkatkan proporsinya di setiap lapisan berikutnya, maka lapisan bawah belum kering  sementara lapisan atas sudah kering, sehingga dapat membuat lukisan tampak menjadi retak.


- Hindari penggunaan warna gelap, seperti ivory black  di samping ini  sebagai warna dasar lukisan atau warna gelap sejenisnya karena lebih lambat kering dibanding dengan warna lainnya.

- Ketika lukisan telah jadi, keringkan di tempat yang kering dan terkena sinar, jangan di tempat gelap dan lembab, karena bisa membuat warna lukisan menjadi agak kekuningan.

- Untuk membersihkan alat lukis yang penuh dengan cat minyak, cukup rendam alat lukis yang telah digunakan ke dalam larutan thinner beberapa saat. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah dalam membersihkan.

Baca juga: