DECKS

Deck adalah sebuah benda yang berbentuk persegi empat, lonjong, datar dan terbuat dari lapisan-lapisan kayu dan atasnya dilapisi griptape. Di industri deck, deck standard biasanya terdiri dari 7 sampai 9 lapis kayu mapple yang direkatkan dengan lem dan dipress supaya melekat dan untuk membentuk concaves. Concaves adalah lekukan pada deck.
 
Nose: bagian terdepan di skateboard. Bentuknya lebih lebar daripada   tail.
Tail: bagian paling belakang skateboard
Mounting Holes: 8 lubang yang terdapat pada deck. Berfungsi sebagai tempat masuknya screw.


GRIPTAPE
sebuah amplas, berbentuk seperti kertas yang melapisi deck. Biasanya griptape mempunyai ukuran yang hampir sama dengan deck. Griptape yang bagus adalah yang permukaannya kasar, supaya kaki kita lebih mantap saat bermain skateboard.




 
TRUCK
Axle: besi yang menonjol dikedua sisi trucks yang berfungsi untuk meletakkan wheel.
Axle Nuts: mur yang berfungsi untuk menahan wheel agar tidak lepas.
Bushing: potongan urethane yang berbentuk donat dan diletakkan dikingpin (liat gambar di samping, yang berwarna kuning). Di setiap truck terdapat 2 bushing. Busing diletakkan diantara hanger, satu diletakkan dibawah dan satunya diletakkan diatas. Bushing bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya. Ada yang hard, yaitu keras atau yang soft, lebih lembut. Saya sarankan untuk memilih bushing yang hard karena lebih stabil dan tidak mudah goyang, walaupun susah untuk berbelok.
Baseplate: bagian terbawah truck, berfungsi untuk meletakkan hanger dan kingpin. Hanger bebentuk persegi dan memiliki 8 lubang, setiap lubang untuk setiap nuts.
Hanger: bagian truck yang dikencangkan dengan kingpin yang dilettakan dilubang pivot dibaseplate.hanger berfungsi untuk alat grind ditruck.
Pivot: plastik berbentuk cangkir dan terletak dibaseplate. Digunakan untuk menyangga hanger
Kingpin: baut yang menyangga hanger dan bushing. Truck bisa dikencangkan atau dikendorkan melalui mur dan kingpin.
Riser: plastik berbentuk persegi yang diletakkan diantara truck dan decks. Riser berfungsi untuk meredam tekanan gravitasi. 

WHEEL 
Wheel adalah roda yang terdapat dalam skateboard. Jenis wheel bermacam-macam.
Street: ukuran wheel untuk yang sering bermain distreet atau technical biasanya 48-55 mm dengan tingkat kekerasan 97-101a.
Vert: untuk yang suka bermain vert bisa menggunakan wheel dengan ukuran 55-65 mm dengan kekerasan 95-100a
Slalom: slalom wheel biasanya diggunakan untuk balapan, semacam perlombaan rintangan di mana para skater menyusuri jalan kecil dengan beberapa rintangan. Ukuran wheel mereka biasanya lebih besar daripada vert, yaitu 60-75 mm. Dengan ukuran seperti itu memungkinkan mereka menahan kecepatan maksimum untuk jarak yang jauh.
Longboard: didesain untuk papan longboard, mereka mempunyai ukuran 65-100 mm. Itu memungkinkan papan menjadi stabil dan nyaman untuk dikendarai saat kecepatan tunggi.
 
BEARING
Bearing adalah sebuah benda yang digunakkan untuk menggerakan wheel.Orang indonesia sering menyebut bearing itu 'klahar'. Bearing terdiri dari 6,7 atau 8 bola yang dilindungi oleh penahan. Setiap wheel terdiri dari 2 bearing, jadi keseluruhannya ada 8 buah. Istilah abec adalah penilaian bearing mengikuti angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Semakin tinggi angka abec, semakin proporsional bentuk bearing nya. Bearing yang sering digunakan untuk bermain skateboard adalah abec 5.
Lubricant: seperti oli, untuk melancarkan bearing yang macet. Lubricant mempunyai sifat meminimalkan gesekan pada bearing sehingga bearing menjadi lancar.

Baca juga: